Hubungi kami +62218763609

Fathul Khabir (1 set, 2 jilid)

Rp250.000
Penulis Syekh Muhammad Mahfudz Termas
Pentahqiq Ibnu Harjo Al-Jawi
Kategori Ulumul Qur'an
Halaman 408
Kertas HVS 70 g
Jenis Cover Hard cover
ISBN 978-602-51630-7-4
Berat 2 gram
Dimensi 17,6 x 25 cm

Pertama kali terbit di dunia. Kitab Fathul Khabir karya Syekh Muhammad Mahfudz at-Tarmasi ini sebelumnya hanya berupa manuskrip (tulisan tangan) yang disimpan keluarga. Kitab ini menjadi satu-satunya karya ulama Nusantara di bidang ilmu al-Qur’an setebal 780 halaman yang ditulis pada abad 19.

Fathul Khabir adalah masterpiece di bidang ilmu Qur'an yang ditulis setahun sebelum Syekh Mahfudz wafat. Merupakan syarah dari kitab Miftahu at-Tafsir yang ditulis oleh Syekh Abdullah Fudi An-Nigeria, yang merupakan nazam dari kitab Al-Itqan dan Niqayah karya Imam Jalaludin As-Suyuthi. Syekh Abdullah Fudi an-Nigeria (w. 1829 M) adalah ulama besar ahli fiqih, tafsir, hadits dan bahasa asal Nigeria.

Kitab ini sudah ditahqiq oleh Ibnu Harjo al-Jawi dan diberi kata pengantar oleh Syekh Prof. Dr. Abdul Ghaffar Hamid Hilal. Syekh Abdul Gaffar adalah guru besar Al-Azhar dalam bidang linguistik Arab dan juga ulama yang digelari ‘Zamakhsyari As-Shogir’. Beliau memberikan apresiasi atas terbitnya kitab ini secara khusus sebanyak 7 halaman.

Kitab ini membahas ilmu tafsir dan al-Qur'an yang mudah kita pelajari dan sangat mendasar. Kelebihannya adalah menonjolkan aspek penjelasan kebahasaan yang detail meliputi: Nahwu, Sharaf dan Balaghah serta kaidah-kaidah keislaman lainnya.

Di antara pembahasan kitab ini antara lain: Ushuluddin, kaidah tafsir, bacaan al-Qur’an bersanad sampai Nabi Saw., Makki & Madani, keadaan turunnya ayat, kaidah tajwid, syarat wajib bagi mufasir, mufradat al-Qur’an, khasiat-khasiat surah al-Qur’an, ruqyah, i’rab al-Qur’an, syarat dan tingkatan mufasir dan tema-tema lainnya.

#MaktabahTurmusy

Tentang Penulis: Syekh Muhammad Mahfudz Termas

Nama lengkap beliau adalah Muhammad Mahfudz bin Abdullah bin Abdul Manan at-Tarmasi al-Jawi al-Maki as-Syafi’i. Pakar dalam ilmu Ushul fiqih dan pakar dalam bidang hadits sampai diberi gelar Musnid. Lahir di Termas, Pacitan, Jawa Timur pada tanggal 12 Jumadil Ula 1285 H/13 April 1868 M.125 Pada saat dilahirkan, bapak beliau tidak berada Di samping ibunya. Beliau sedang berada di Mekkah. KH. Abdul Manan (1862 H), kakek beliau, pernah belajar kepada Syekh Muhammad Syatha dan Syekh Ibrahim al-Bajuri. 

Syekh Mahfudz wafat pada tahun 1338 H/1920 M. Beliau dimakamkan di pemakaman keluarga Syatha, Pekuburan Ma’la, Mekkah.